Jangan sesali satu haripun dalam hidupmu. Kenanglah hari baik yg telah berimu kebahagiaan, hari buruk yg berimu pengalaman....... n_n Kadang Tuhan memberi cobaan yg berat dalam hidupmu, karena Dia mempersiapkan dirimu menerima sesuatu yg baik di masa depanmu

Minggu, 15 Januari 2012

Mengenal dan Memperbaiki RSOD di PS3


Seiring dengan maraknya pembajakan di PS3, muncul penyakit baru di PS3 yang namanya RSOD atau Red Screen of Death. Sebenarnya enggak baru-baru amat sih, PS2 juga sudah mengenal adanya RSOD tapi RSOD di PS2 hanya berhubungan dengan kesalahan baca pada media, alias media yang dipakai bukan media PS2. RSOD di PS3 tidak sama dengan YLOD atau Yellow Light of Death yang berhubungan dengan kerusakan fisik si PS3, RSOD berhubungan dengan frimware failurebad boot, hex yang kacau, salah update FW, tumpang tindih antara CFW dan OFW dan lain sebagainya. Yang jadi masalah di sini, RSOD ternyata tidak hanya menyerang pengguna bajakan saja, para pengguna ori-pun masih dihantui RSOD, terutama bagi mereka yang melakukan update FW via BD, bukan download langsung dari PSN. Serem kan?
Red Screen of Doom!!
Berbekal segudang kasus dan rasa ingin tahu yang tinggi, akhirnya kami memutuskan untuk mencari tahu tentang RSOD di forum-forum internasional, dan inilah salah satu tehnik yang kami dapatkan dari forum-forum tersebut mengenai cara perbaikan RSOD. Sebuah tehnik yang berhasil memperbaiki 80% kasus RSOD dan  yang paling penting, gratis man!
Untuk memperbaiki RSOD kamu harus mempunyai/meminjam sebuah PS3 yang sehat untuk perbandingan, dan bisa melakukan instalasi PROGSKEET. Tutorial untuk menginstal PROGSKEET ke PS3 bisa kamu cari di internet. Bila untuk memasang PROGSKEET saja kamu sudah menemui kendala atau merasa kesulitan ada baiknya kamu serahkan PS3 kamu ke ahlinya atau ke toko-toko yang bisa memperbaiki RSOD.
PROGSKEET
Setelah mendapatkan hasil dump dari NAND/NOR PS3 yang mengalami RSOD, silahkan dump NAND/NOR dari PS3 yang bebas RSOD. buka kedua hasil dump tadi dengan menggunakan hexeditor. Cari string VTRM dan bandingkan antara yang RSOD dengan yang tidak RSOD. Di sini bila si PS3 murni mengalami RSOD bukan bug atau glitch, kamu akan menemukan beberapa string yang ganjil bila dibandingkan dengan PS3 yang masih sehat. String yang berbeda itu tergantung dari lokasi rusaknya sehingga tidak ada contoh konkrit yang bisa kami sertakan di sini. Tapi bila kamu sedikit penasaran dengan perbandingannya, kami punya dua buah screenshot yang menunjukkan perbedaan string antara yang RSOD dengan yang tidak. Perbaiki setiap string yang salah tersebut secara manual. Biasanya string yang rusak lebih dari satu.
Contoh 1:
Dump PS3 Sehat
Dump PS3 RSOD
Pada contoh pertama muncul huruf R pada bagian kanan sedangkan pada bagian string lompat ke angka 52.
Contoh 2:
Dump PS3 Sehat 2
Dump PS3 RSOD 2
Pada contoh kedua muncul simbol Euro pada kolom kanan sedangkan pada bagian string melompat ke angka 80.
Yang perlu diingat di sini adalah, ada dua lokasi VTRM yang harus kita periksa satu persatu setiap stringnya. Bila kedua VTRM sudah identik (antara yang RSOD dengan yang normal) silahkan reflash kembali ke PS3. Voila, PS3 anda akan kembali memainkan game-game kesukaan anda tanpa masalah sedikitpun.
PS: Pada beberapa kasus RSOD kembali menyerang si PS3, itu artinya NAND/NOR mengalami kerusakan atau bad sector. Segera ganti NAND/NOR yang bermasalah dengan cara mengkanibal dari PS3 lain atau membelinya (kalau ada yang jual ya).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar