Jangan sesali satu haripun dalam hidupmu. Kenanglah hari baik yg telah berimu kebahagiaan, hari buruk yg berimu pengalaman....... n_n Kadang Tuhan memberi cobaan yg berat dalam hidupmu, karena Dia mempersiapkan dirimu menerima sesuatu yg baik di masa depanmu

Sabtu, 14 Januari 2012

Battlefield 3 Class Guide part 2


ENGINEER
Di antara empat kelas yang disediakan DICE di BF3 bisa dibilang Engineer adalah kelas yang paling fleksibel. Melawan infanteri? Hayuk. Melawan tank? Ok! Melawan pesawat atau heli? Bisa diatur. Engineer yang sejatinya adalah predator kendaraan hanya dibekali senjata kelas karbin yang memiliki daya rusak medium (25 - 14.3) dan rate of fire yang sedang (600 - 800). Karena daya rusak karbin kurang baik pada jarak jauh (14.3), ada baiknya seorang Engineer tidak terlalu ngoyo untuk  mengakuisisi target yang berada pada rentang jarak jauh (70 meter ke atas) atau sangat jauh. Karbin yang kami rekomendasikan untuk Engineer adalah SCAR-H yang merupakan satu-satunya karbin dengan daya rusak 30, tetapi hanya memiliki kapasitas peluru 20+1 atau A-91 dan G36C. Pada intinya untuk urusan senjata utama seorang Engineer tidak memiliki banyak pilihan.
SCAR-H Yang Mematikan, Sayang Nasib di Dunia Nyata Berkata Lain
Engineer dilengkapi dengan SMAW/RPG7V2, Javelin dan AT Mine untuk melumpuhkan atau menghancurkan kendaraan, serta Stinger/IGLA untuk menghajar pesawat dan heli. SMAW/RPG7V2 memiliki fleksibilitas yang unik ketimbang Javelin, pasalnya SMAW dan RPG7V2 bisa kita pakai untuk menghantam target hidup pada jarak yang sangat jauh dan area yang cukup luas. Untuk memakai SMAW/RPG7V2 secara akurat memang membutuhkan latihan yang lama dan rutin, tapi hasilnya sepadan. Tidak ada yang lebih menyenangkan selain melihat seorang Recon yang mati tersambar SMAW/RPG7V2 yang kita lepaskan dari kejauhan, atau melihat tulisan doble kill dantriple kill saat kita berhasil melepaskan SMAW/RPG7V2 ke arah kerumunan musuh yang berdesakkan di ruangan yang sempit atau choke point.
SMAW
RPG-7V2
SMAW/RPG7V2 menghasilkan tingkat kerusakan yang berbeda-beda pada setiap kendaraan. Untuk mobil dan kendaraan ringan lainnya hanya membutuhkan satu hantaman telak SMAW/RPG7V2 untuk melumpuhkannya (disable), atau malah membunuh penumpangnya bila kendaraan tersebut tidak memiliki pintu dan jendela. Untuk kendaraan lapis baja, SMAW/RPG7V2 akan menghasilkan kerusakan yang berbeda-beda tergantung pada jarak tembak, sudut dan lokasi perkenaan. SMAW/RPG7V2 yang ditembakkan pada jarak dekat akan menghasilkan kerusakan yang jauh lebih kecil ketimbang yang ditembakkan dari jarak jauh. Selain itu sudut perkenaan haruslah 90 derajat, dibawah 90 derajat daya rusak SMAW/RPG7V2 akan menurun. Semua kendaraan lapis baja memiliki ketebalan armor yang berbeda-beda pada setiap sisinya. Armor yang paling keras terletak di depan, menghantam bagian ini dengan SMAW/RPG7V2 hanya akan menghasilkan kerusakan sebanyak 22 poin. Untuk bagian tepi tank kerusakan maksimal yang bisa dihasilkan SMAW/RPG7V2 adalah 36 poin. Lalu bagian yang terisa alias belakang tank memiliki armor tertipis sehingga SMAW/RPG7V2 bisa menghasilkan kerusakan sebesar 61 poin atau instant disable.
Semula Stinger dan IGLA Engineer menghasilkan 50 damage pada heli dan jet sehingga mereka akan mengalami kondisi nyaris disable. Pada heli-heli kecil Stinger dan IGLA bisa menghasilkan damage lebih dari 50 sehingga menyebabkan heli mengalami instant disable. di patch berikutnya daya rusak Stinger dan IGLA dikurangi jadi 40-an sehingga membutuhkan dua buah Stinger atau IGLA untuk membuat heli dan jet mengalami disable atau bahkan hancur. Ada kemungkinan besar pada patch berikutnya DICE akan menaikkan daya rusak Stinger dan IGLA serta menambah reload time chaff sehingga dominasi heli dan jet akan sedikit berkurang. Langkah ini kembali diambil karena banyaknya keluhan mengenai susahnya mengalahkan kedua kendaraan tersebut.
Untuk Javelin, sebenarnya senjata yang satu ini sangat berguna dan mematikan bila di pihak kita ada yang memasang SOFLAM yang dimiliki kelas Recon. Bila tanpa SOFLAM sebuah Javelin hanya menghasilkan 35damage, tetapi bila mengikuti kuncian yang dilakukan SOFLAM, Javelin akah menghasilkan kerusakan tiga kali lipat pada tank atau kendaraan lainnya. Sepasukan Javelin yang dipandu seorang Recon dengan sebuah SOFLAM bisa meluluh lantakan semua kendaraan tempur yang datang menyerang termasuk unit Mortar, bahkan heli atau jet. Paling satu-satunya hal yang menghentikan gempuran Javelin adalah jumlah amunisinya yang terbatas.
Perlengkapan yang tersisa dari kelas Engineer adalah EOD BOT, AT Mine dan Repair Tool. Ketiga perlengkapan ini tidak akan kami bahas karena cara penggunaanya sangat mudah dan tidak membutuhkan trik khusus. Paling yang kamu butuhkan hanyalah sedikit strategi saat memperbaiki tank atau meletakan AT Mine di tempat yang benar.
Seorang Engineer biasanya memakai perk EXPL atau SQD EXPL untuk menambah jumlah SMAW, RPG7V2, Javelin, IGLA atau Stinger yang bisa mereka bawa. Dengan penambahan jumlah arsenal tersebut seorang Engineer tidak perlu terlalu sering meminta amunisi dari kelas Support yang berikutnya akan kami bahas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar