Jangan sesali satu haripun dalam hidupmu. Kenanglah hari baik yg telah berimu kebahagiaan, hari buruk yg berimu pengalaman....... n_n Kadang Tuhan memberi cobaan yg berat dalam hidupmu, karena Dia mempersiapkan dirimu menerima sesuatu yg baik di masa depanmu

Kamis, 14 Juli 2011

Marvel VS Capcom 3: Fate of Two Worlds


Marvel VS Capcom 3 Cover
Saya masih ingat dulu di era Playstation muncul game ajaib yang mempertemukan karakter-karakter di X-Men dan Street Fighter. Game itu heboh luar biasa dan menghidupkan genre fighting 2D yang sudah sempat stagnan. Tak lama kemudian Capcom mulai merilis game berjenis serupa. Karakter-karakter dalam X-Men kini diperluas menjadi seluruh Marvel dan karakter-karakter Street Fighter diperbesar menjadi seluruh Capcom. Pertarungan menjadi makin panas! Crossover duel ini berakhir dan dianggap mencapai puncaknya di Marvel VS Capcom 2.
Hampir selama satu dekade tidak ada berita apa-apa mengenai game bergenre crossover macam begini sampai konsol Nintendo Wii membangkitkannya lewat Tatsunoko VS Capcom. Gamer bersemangat kembali melihat franchise VS hidup… tetapi ini baru makanan pembuka saja. Sajian utama hadir melalui Marvel VS Capcom 3! Sekali lagi duel dua dunia dibuka so move over DC VS Mortal Kombat, the real epic crossover game has now come!
3 on 3, Bring It On!
Daya tarik utama dalam sebuah game crossover tentu saja terletak pada line-up karakternya. Coba teman-teman simak opening trailer yang disuguhkan Capcom kepada kita.
Oke. Wow. Wow. Wow. Saya sudah menontonnya hampir sepuluh kali dan masih belum bosan juga. Opening scene itu seakan sempurna menggambarkan apa yang bakalan disuguhkan game ini kepada kita. Kata-kata ‘duel dua dunia’ adalah ungkapan yang tepat.
Lansekap dunia Marvel dan Capcom tentu saja sudah banyak berbeda dari sedekade lampau saat prekuelnya nongol dan line-up game merefleksikan hal itu. Dari sudut Capcom ada karakter-karakter baru seperti Crimson Viper (Street Fighter IV) dan Spencer (Bionic CommandoRemake). Di sisi lain karakter seperti Iron Man sudah memakai versi armor terbarunya dan Super Skrull muncul pastinya karena kesuksesan komik Secret Invasion. Menarik juga disimak bahwa karakter-karakter yang hadir di dalam opening scene semuanya memiliki film layar lebar. Selain tiga karakter di atas Hulk juga nongol di reboot tahun 2008 bukan?
Captain America PUNCH!
Beberapa fans mungkin kecewa dengan hilangnya beberapa karakter penting ala Ken di sisi Capcom atau Cyclops di sisi Marvel. Bagi saya sendiri tidak masalah. Saya cinta Ken tetapi gaya gameplay Ken dan Ryu kan hampir sama. Okeeee, kalian para hardcore game fighting mungkin bilang mereka berdua punya perbedaan tapi pada basicnya itu mereka sama - other than their special moves and timing that is. Memasukkan Tron dari Megaman Legends justru saya acungi jempol karena walau kurang terkenal ia memiliki gaya fight yang total berbeda dengan Ryu. Ini memberi diversifikasi pada rosternya.
Total rosternya yang tak sampai 40 orang (entah kalau nanti terus bertambah melalui DLC) memang membuat jumlah kontestan tak sebanyak prekuelnya yang mencapai 50 orang lebih tetapi tetap saja tingkat keasyikannya tidak kalah kok.
Introducing A New Mode…
Gameplay dalam Marvel Vs Capcom 3 ini tentu saja riuh pikuk seperti biasanya. Jangan heran kalau kalian sempat terbengong-bengong melihat cahaya jurus sakti bertebaran memenuhi layar… serial VS memang jagonya dengan hal ini! Capcom kelihatannya memang menyasar pasar newcomer dan old time sekaligus di sini. Mereka sukses menghidupkan kembali genre 2D Fighting melalui Street Fighter IV dan mereka berniat melanjutkan kesuksesan itu melalui game ini. Dengan bangkitnya kembali interest publik akannya akan banyak gamer baru menjajal game ini. Capcom memperkenalkan sistem tombol pertarungan yang lebih sederhana; hanya tiga tombol yang terdiri dari serangan ringan, medium, dan berat.
Apabila sistem tiga tombol ini masih terlalu rumit untukmu, Capcom juga menyediakan Simple Mode di mana kalian tak perlu rumit menghafal bawah depan pukul atau bawah belakang tendang untuk mengeluarkan jurus. Cukup satu dua tombol saja bisa mengeluarkan jurus super maut! Tentu saja mode Simple ini pun memiliki keterbatasan akses jurus-jurus terkuat dari setiap karakter tetapi bagi casual gamer (baca: gamer yang tidak menghabiskan waktunya larut malam menghafal kombo dua belas tombol atau bagaimana melakukan bantingan sempurna King diTekken) Simple Mode adalah sarana escapism yang menyenangkan dan bisa dinikmati semua orang. Hey! Bahkan adikku yang berusia lima tahun saja bisa menamatkan game ini dalam mode Simple ala button mashing!
Ironnnn Kick!
Kalian akan saya ampuni dan saya maklumi kalau menyangka game ini menjadi 3D melihat trailer di atas. Tetapi tenang saja game ini masih ada dalam 2D! Grafisnya di sisi lain memang sangat - sangat cantik. Saya sempat khawatir apakah game ini bakalan kehilangan ‘feel’nya setelah membuang gaya animasi 2D? Melihat game ini dan membandingkannya dengan Viewtiful Joe(yang ironisnya karakternya juga nongol di sini!) membuat saya ternganga melihat betapa jauhnya teknologi Cel Shading telah berkembang. It’s such a treat for the eye!
Kalau ada kekurangan dalam Marvel VS Capcom 3, itu terletak pada sedikitnya mode Single yang bisa dimainkan. Setelah memainkan game Arcade berulang kali kamu tidak punya Time Trial Mode atau banyak mode lain guna menjajal kemampuanmu seorang diri. Tapi ah, memang apa sih enaknya main game fighting seorang diri? Toh kita semua berlatih bukan guna menghajar Galactus di akhir game tetapi teman tetangga sebelah rumah kita bukan?
Galactus SMASH!!!
So my verdict is… Marvel VS Capcom 3 adalah game fighting yang komplit dan mantap dari Capcom. Hemmm apakah Sammy bakalan diam saja kalau serial BlazBlue-nya secara terang-terangan dilangkahi Capcom seperti ini?
Final Verdict
Gameplay: 9.0
Apa yang menyenangkan di game ini adalah ia aksesibel bagi siapapun, terlepas dari skillmu di game fighting. Bahkan pemula sekalipun bisa terperangah dengan efek-efek visual yang dilempar game ini pada mereka di Simple Mode.
Graphic / Sound: 9.5
Kualitas cel-shadingnya menakjubkan dan model tiap karakternya modern. Balutan musiknya yang adalah homage bagi hampir tiap karakter yang bersangkutan (terutama Capcom).
Play Time: 9.5
Marvel VS Capcom 3 adalah game yang bakalan terus menerus kamu mainkan sebagai seorang Gitar. Saya sudah menamatkan game ini dengan hampir semua karakter di dalamnya, and I still want more! Paling fun buat diadu dengan teman!
Overall9.3
Game Details
Developer: Capcom
Publisher: Capcom
Genre: Fighting

Tidak ada komentar:

Posting Komentar